24.4 C
Samarinda
Senin, November 28, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Wapres Ma’ruf Amin Buka Haornas di Balikpapan

BALIKPAPAN – Jumat (9/9/2022), Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin dijadwalkan akan berkunjung ke Kalimantan Timur (Kaltim).

Kunjungan orang nomor dua RI ini, untuk menghadiri puncak acara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang diselenggarakan di Stadion Batakan, Balikpapan. Selain dihadiri oleh wapres, acara puncak Haornas ke-39 tahun 2022 juga dihadiri oleh seluruh stakeholder olahraga di Indonesia.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, kehadiran dan dukungan seluruh stakeholder olahraga baik di pemerintahan, asosiasi, mau pun swasta, menunjukkan sinergitas dan kolaborasi bangsa demi memajukan olahraga nasional.

“Kolaborasi dan komitmen yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta, dan stakeholder olahraga untuk bersama-sama dalam mencetak juara di bidang olahraga. Diawali melalui pembudayaan olahraga, pembinaan sejak usia dini, kompetisi secara berjenjang dan sistematis, serta didukung dengan penerapan sport science,” kata Menpora Amali.

Lahirnya Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan. Dan terbitnya Peraturan Presiden (PP) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Design Besar OlahragaNasional (DBON), diharapkan mampu memberikan kontribusi pencapaian tujuan pembangunan olahraga dalam dimensi yang lebih luas. Yakni untuk mewujudkan Indonesia bugar berkarakter tangguh dan berprestasi.

Dunia olahraga juga harus mampu berperan dalam pemberdayaan ekonomi. Oleh sebab itu lah, maka tema peringatan HAORNAS ke 39 Tahun 2022 ini dipilih,
“Bersama Cetak Juara untuk Kebangkitan Olahraga Indonesia”.

“Mari kita sama-sama laksanakan gerakan olahraga secara massif dan meluas di semua lapisan masyarakat. Sehingga olahraga dijadikan sebagai kebutuhan dan gaya hidup. Tentunya dalam pelaksanaannya saat ini, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujar
Menpora Amali.

Menpora juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo yang telah memberikan arahan tentang pembinaan olahraga secara umum. Khususnya pada peningkatan prestasi olahraga nasional. Begitu pula kepada  Wakil Presiden RI, yang dalam hal ini ditunjuk sebagai Ketua Tim Koordinasi Pelaksanaan Perpres Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Puncak Peringatan Haornas, dengan agenda Pembukaan Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional Zona IV akan dimulai pada pukul 5 sore ini. Gubernur Kaltim, Isran Noor didampingi Kepala Dispora Kaltim Agus Tianur, Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal, dan jajaran Pemprov Kaltim akan hadir menyambut kedatangan Wapres RI dan jajaran kementerian pusat pada puncak perayaan Haornas di Stadion Batakan, Balikpapan. (humaskemenporaRI/adv/kominfokaltim)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular