28.3 C
Samarinda
Senin, November 28, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Terjadi Tumpang Tindih Perihal IUP, Udin : Ada Oknum Yang Bermain Dalam Kasus Ini

UPDATEKALTIM.COM, SAMARINDA – Panitia Khusus (Pansus) kembali gelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama pihak-pihak terkait diantaranya Dinas Energi Sumberdaya dan Mineral (ESDM) Kaltim, Dinas Pelayanan Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kaltim, Kepala Biro Hukum dan Biro Umum Sekertariat Daerah Kaltim yang dilaksanakan di Gedung E, Lt 1 DPRD Kaltim pada Senin, (14/11/2022)

Dalam Rapat tersebut membahas terkait kepastian atas 21 Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang di terima oleh Biro Umum Daerah Kaltim yang di duga di berikan melalui Sekertaris DPMPTSP.

Terdapat nomor surat yang berbeda diantaranya 503/5513/DPMPTSP-IV/IX/2021 melampirkan 14 perusahaan dan 5503/4938/B Ek melampirkan delapan perusahaan hal ini di katakan langsung oleh Wakil Ketua Pansus, Udin saat di temui.

Menurut pengakuannya, Biro Umum hanya mencatat satu surat IUP dengan nomor 503/5513/DPMPTSP-IV/IX/2021.

“Nomor yang tercatat yaitu 503/5513/DPMPTSP-IV/IX/2021 jadi itu yang di katakan biro umum satu nomor surat yang tercatat,” Ujar Udin kepada updatekaltim.com

Kasus ini pun menjadi tumpang tindih antara Biro Umum dengan pihak DPMPTSP, sehingga dinas terkait mengklarifikasi hal tersebut.

Udin menyampaikan bahwa DPMPTSP tidak pernah mengeluarkan surat terkait kasus tersebut, tentu hal ini akan menjadi tanda tanya besar.

“Jika dari kedua belah pihak telah menyatakan terkait surat yang masuk, ia menduga bahwa ada yang bermain dalam kasus ini,” katanya

M. Udin juga menyampaikan bahwa sebelumnya pada hari Jum’at (12/11/2022) Inspektorat Wilayah (Itwil) Kaltim telah melaksanakan investigasi terkait pertambangan tersebut dan telah melapor kepada pihak kepolisian.

“Bahwa tadi sudah disampaikan oleh Itwil mereka telah melakukan investigasi, infonya hari jum’at kemarin mereka telah melaksanakan laporan kepada kepolisian,” ujar Udin Wakil Ketua Pansus saat di wawancarai

Melihat hal itu tim Pansus akan segera melakukan sidak ke perusahaan yang terlibat dalam kasus tersebut.

Ia menungkapkan terdapat dua perusahaan yang lokasinya telah di ketahui dan selebihnya masih dalam tahap pencarian.

“Pasca reses yang akan di laksanakan anggota DPRD kaltim, tim Pansus akan melaksanakan sidak pada dua lokasi yang kita ketahui. Untuk perusahaan lainnya kita tau tempatnya tapi tidak tau titik pastinya,” ungkapnya

(adv/riz/dprdkaltim)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular