28.3 C
Samarinda
Senin, November 28, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Terbesar Sepanjang Sejarah Kaltim, APBD Kaltim 2023 Sebesar 17,2 Triliun Rupiah

UPDATEKALTIM.COM, SAMARINDA – DPRD Kaltim gelar Rapat Paripurna ke-50 yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi selaku perwakilan dari Pemprov Kaltim. Rapat tersebut dilaksanakan pada Senin (14/11/2022) pukul 20.00 Wita sampai dengan selesai bertempat di Gedung D Lt 6 DPRD Kaltim.

Dalam rapat yang di laksanakan pada malam hari itu membahas terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pada tahun 2023 mendatang dan penyampaian laporan akhir Badan Anggaran (Banggar) DPRD kaltim.

Hal tersebut di sampaikan langsung oleh Sekertaris Dewan, M. Ramdhan. Ia menyampaikan bahwa APBD tahun 2023 dengan nilai sebesar 15,1 triliun rupiah akan mengalami penambahan yakni 2,1 triliun rupiah jika di totalkan RAPBD tahun 2023 berjumlah 17,2 triliun rupiah.

“Adapun Penambahan Rp 2,1 T ini berasal dari tambahan PAD sebesar Rp 445 miliar dan estimasi silvanya sebesar Rp 1,65 T,”

Hal ini di perjelas oleh Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam sejarah Kaltim peluncuran APBD pada tahun 2023 tercatat paling tinggi yaitu sebesar 17,1 T di bandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Tentu hal ini telah melewati kesepakatan bersama dan secepatnya akan tersampaikan kepada kemendagri untuk segera melakukan evaluasi serta di proses secara lebih lanjut dengan Perda APBD tahun 2023.

“Kami bersama DPRD Kaltim telah menyepakati hasil rapat tersebut selanjutnya hal ini akan kami giring ke pusat yaitu kemendagri untuk kedepannya dapat di tinjau kembali,” ucap Hadi sapaan akrabnya

Di lanjutkan penyampaian oleh Ketua DPRD Kaltim, Hasanuddin Mas’ud mencoba menyimpulkan dari penyampaian banggar DPRD kaltim bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) memiliki grafik yang cukup baik.

Menurutnya anggaran silva hadir karena pengaruh proses pembangunan yang lamban jika dilihat dari faktor eksternal seperti perubahan cuaca dan lain sebagainya.

“Saya rasa usulan dari DPRD Kaltim harus di maksimalkan guna akan memberikan dampak baik bagi peningkatan PAD di Kaltim,” Tutup Hasan saat di temui.

(adv/riz/dprdkaltim)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular