28.3 C
Samarinda
Senin, November 28, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tak Semprotkan Air, 2 Jam Damkar Jinakkan Asap Pekat Kebakaran Mal Samarinda Square

PENGUNJUNG telah banyak yang pulang dan karyawan mulai mengakhiri operasionalnya Jumat (8/10) semuanya terlihat normal. Tapi, sekira pukul 21.10 Wita, tiba-tiba terjadi kepanikan di lantai 2 mal Samarinda Square Jl. M Yamin Kelurahan Gunung Kelua, Kecamatan Samarinda Ulu.

Kepulan asap tak terduga mengepul di bagian gudang store pakaian. Kepanikanpun melanda karyawan dan sisa pengunjung. Mereka berlarian keluar mal. Dengan cepat kepulan asap berubah pekat dan memenuhi store.

Manageman mal langsung menghubungi pemadam kebakaran. Kabar beredar cepat. Wargapun mengerumuni lokasi kejadian. Dengan cepat, 10 unit mobil pemadam diturunkan ke lokasi.

Untungnya mal itu dilengkapi water sprinkle yang berfungsi dengan baik. Meski asap begitu pekat, api tak melebar. Mengantisipasi, pemadam menggunakan blower penghisap asap untuk mengurangi kadar kepekatan asap. Blower pengisap khusus asap berwarna hijau itu dipasang di bawah kaki eskalator.

“Sebelumnya asap begitu tebal bikin mata petugas perih dan terasa sesak napas. Kami tindaki dengan blower. Untungnya api tak melebar karena ada water sprinkle,” kata Staf Pemadan & Investasi Disdamkar Kota Samarinda, Sunardi Siman.

Kendala utama pemadaman adalah banyaknya kepulan asap yang mengganggu penglihatan juga pernapasan. Setelah berjuang hampir 2 jam, titik api ditemukan, yakni di gudang sepatu sebelah kanan atau wilayah bagian barat dari bangunan mal tersebut. Area pusat api sekitar 5×5 meter.

Untungnya selain pekatnya asap, tidak ada kendala lainnya. “Sudah kami periksa juga hingga lantai tiga, tidak ada titik api lain,” tuturnya.

Antisipasi lain, 10 unit fire truck dari beberapa posko Disdamkar diturunkan, ditambah puluhan unit dari tim relawan se-Kota Samarinda. peran water sprinkle juga yang membuat tim tak harus menyemprotkan air. Hubungan arus pendek listrik jadi dugaan penyebab sementara. “Penyebab pastinya kita serahkan pada yang berwajib,” ucapnya. (red)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular