24.6 C
Samarinda
Selasa, Mei 17, 2022

Sumaryono Desak Pemkot Salurkan Bansos Korban Kebakaran

BONTANG – Penyaluran bantuan sosial (bansos) bagi korban kebakaran Pasar Citra Mas Loktuan kembali mengalami penundaan. Sebelumnya direncanakan bansos disalurkan November 2021. Anggota Komisi II DPRD Bontang, Sumaryono, mendesak pemkot segera merealisasikan penyaluran.
Sebelumnya, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskop-UKMP) Bontang berdalih, penyaluran masih terhambat proses verifikasi data pedagang yang belum rampung.
“Paling lambat Desember ini bantuan harus sudah dibagikan,” pinta Sumaryono, (30/11/2021). Dengan disegerakannya penyaluran bansos tersebut, sambung dia, diharapkan bisa menambah modal pedagang untuk berjualan sekaligus mengurangi beban mereka.
Sementara itu Kepala Diskop-UKMP, Kamilan yang baru saja menjabat menyebut, dirinya meminta verifikasi data harus dilakukan hati-hati agar tidak bermasalah di kemudian hari. Sebab hal ini menyangkut uang negara, dan penyalurannya harus sesuai dengan besaran yang telah ditentukan.
“Penyalurannya melalui rekening pribadi pedagang yang terdaftar,” jelasnya.
Pemkot menyiapkan anggaran senilai Rp 1,6 miliar lebih. Anggaran itu akan disalurkan kepada 484 pedagang. Rinciannya 286 pedagang yang lapaknya terbakar habis, 120 pedagang terdampak, dan 78 pedagang penghampar.
Penyaluran dilakukan melalui dua bank, yakni Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bankaltimtara. Pedagang yang lapaknya terbakar mendapat bantuan Rp 5 juta. Sedangkan pedagang terdampak dan penghampar, mendapat Rp 1.250 ribu. (bms/adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular