28.3 C
Samarinda
Senin, November 28, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sapto : Melalui RTRW, Kita Akan Tetap Menjaga Pelestarian Lingkungan “IKN”

UPDATEKALTIM.COM, SAMARINDA – Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Sapto Setyo Pramono sambangi undangan kegiatan yang di laksanakan oleh Radio Republik Indonesia (RRI) Kota Samarinda dengan tema “IKN dan RTRW Yang Ramah Ekologi” dan terlaksana pada Senin (21/11/2022).

Dalam kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Dinas Lingkungan Hidup Kaltim, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kaltim, Sosio Engineering Nusantara dan di pandu oleh Marga Rahayu selaku Presenter.

Sebelumnnya, Presiden Republik Indonesia Jokowi Dodo dalam pidatonya mengatakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Provinsi Kaltimantan Timur akan menerapkan konsep yang ramah lingkungan.

Hal ini pun di tanggapin langsung oleh Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Sapto Setyo Pramono mengungkapkan Pansus RTRW akan tetap menjaga kelestarian lingkungan Kaltim.

“Pansus RTRW ini tetap menjadi tim yang akan tetap menjaga pelestarian ekologi di IKN yang sudah berpindah ke Provinsi Kalimantan Timur,” Ujar Sapto sapaan akrabnya

Menurutnya Pansus RTRW ini meliputi serta mengevaluasi pada sektor pertambangan, kawasan hutan yang beralih fungsi, perkebunan, dan lahan pertanian.

Dari keempat sektor itu, tim pansus RTRW mengeluarkan rekomendasi yaitu sektor pertanian, karena hal ini akan menjadi sektor terpenting untuk kedepannya.

“Rekomendasi Pansus ini adalah pertanian, kenapa pertanian karena sektor itu akan merujuk pada ketahanan pangan di Kaltim ketika menjadi IKN,” Ucapnya

Legislator Fraksi Golongan Karya (Golkar) ini menjelaskan pembahasan RTRW ini sangat kompleks dan berpotensi meningkatkan perekonomian di Kaltim.

Ia juga menduga bahwa ada penggiringan dari pemerintah pusat yang mempunyai kepentingan besar terhadap potensi di Bumi Etam.

“Melihat potensi besar yang akan terjadi di kaltim, pemerintah pusat menggiring ke kami bahwa harus membuat tim pansus RTRW ini,” Kata Sapto

Ia juga meminta kepada pemerintah pusat dalam peningkatan ekonomi kaltim untuk tetap berjalan akan tetapi tidak untuk mengeksploitasi ekosistem yang ada di Kaltim.

(adv/riz/dprdkaltim)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular