24.4 C
Samarinda
Senin, November 28, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Polresta Samarinda Buru Aktor Balap Liar

SAMARINDA – Menjawab keresahan warga, Polresta Samarinda menjadikan penanganan kasus balap liar menjadi salah satu prioritas utama selama Ramadan.

Aksi kebut-kebutan itu, memang selalu muncul setiap Ramadan. Pelakunya relatif sama: remaja usia belasan tahun yang masih berstatus pelajar.  Belum memasuki minggu pertama ibadah puasa ini saja, sudah 47 kendaraan roda dua yang diamankan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Samarinda.

Tak memandang usia, Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Ary Fadli tetap menindak pelakunya. Mulai dari pemeriksaan kelengkapan kendaraan hingga tindakan lanjutan dengan berkoordinasi dengan Pengadilan Negeri Samarinda.

Antisipasi lain, patroli ketat dilakukan di kawasan yang kerap digunakan untuk aksi balap liar seperti kawasan Masjid Islamic Centre, Jalan Kusuma Bangsa, serta simpang empat Lembuswana.

“Prosesnya mulai dari sekarang tapi nanti untuk persidangannya kami ikuti jadwal dari pengadilan. Tapi yang pasti kami akan tindak tegas, akan diproses sesuai hukum yang berlaku,” Katanya.

Tindakan lanjutannya, Polresta Samarinda tim khusus di bawah komando Kasatlantas untuk menyelidiki oknum yang merencanakan dan memulai aksi berbahaya itu.

“Langkah preventifnya. kami melakukan imbauan dan patroli pada jam yang dimungkinkan akan terjadi balapan liar. Kemudian juga telah dibentuk tim khusus oleh Kasatlantas, sekaligus mencari aktor dibelakang yang mendukung aksi balapan liar ini,” jelasnya.

Kembali ia mengingatkan bahwa selain sangat berbahaya bagi diri sendiri dan pengguna jalan lainnya, aksi kebut-kebutan itu, sangat mengganggu warga yang tengah menjalani ibadah puasa.

Ia pun berharap warga dapat menjaga ketertiban dan menjaga putra-putri mereka agar tak terlibat dalam aksi itu.

“Mari bersama kita hargai warga yang sedang beribadah dan mari kita wujudkan Samarinda yang nyaman, tenang dan sehat,” tutupnya. (dhi)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular