31.3 C
Samarinda
Jumat, September 30, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Perkuat Dasar Hukum, Rapergub SPBE Dikebut 

SAMARINDA – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim, melalui Bidang Aplikasi dan Informatika (APTIKA) serta Bidang Teknologi Informasi Komunikasi dan Persandian (TIK), menggelar Rapat Finalisasi Pembahasan Rancangan Peraturan Gubernur (Rapergub) terkait penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Senin (8/8/2022).

Kadiskominfo Kaltim, Muhammad Faisal berharap, kehadiran Pergub dapat menjadi dasar hukum kuat menerapkan SPBE di seluruh instansi pemerintahan daerah.

“Pergub ini untuk memperkuat agar dalam pelaksanaannya memiliki dasar hukum yang kuat. Sebenarnya SPBE ini sudah berjalan,” katanya.

Kepala Bidang Aptika Diskominfo Kaltim, Dra. Hj Normalina menjelaskan rapat finalisasi sebagai salah satu rangkaian penyusunan Rapergub. Nantinya Diskominfo akan melakukan harmonisasi dengan Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Kaltim.

“Koordinasikan kita lakukan pada semua bidang hingga menjadi satu kesatuan produk Peraturan Gubernur (Pergub) tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik,” katanya.

Diketahui, rancangan Pergub tentang SPBE di lingkungan Pemerintah Provinsi ini, merupakan tindak lanjut dari amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 tentang penerapan SPBE di seluruh intansi pemerintahan. Dengan hadirnya Pergub, diharapkan penerapan SPBE di lingkup pemerintah provinsi bisa dilakukan lebih optimal.

Sementara, Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan E-Government, Bambang K.A.S menyampaikan fokus pembahasan mendetail tentang subtansi draft Rapergub per pasal.

“Draft akan kita sepakati subtansinya saja. Kita akan menyepakati mana yang harus dimasukkan lebih detail dan mana yang tidak perlu,” ucapnya. (kmf/adv/diskominfokaltim)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular