28.3 C
Samarinda
Senin, November 28, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pansus “IP” DPRD Kaltim Meminta Kepolisian Untuk Menindak Tegas Pelaku Ilegal Mining di Berau

UPDATEKALTIM.COM, SAMARINDA – Seorang operator alat berat yang diduga hanya menjadi “tumbal” diciduk saat beroperasi di pertambangan di kampung Pegat Bukur, Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau, Kaltim pada Selasa, (8/12/2022)

Hal ini pun menjadi sorotan wakil ketua Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kaltim, M.Udin turut menanggapi dalam wawancara nya pada Sabtu (12/11/2022), dengan kasus yang marak terjadi ini.

Udin mengungkapkan bahwa rana daripada pansus ini yakni hanya membahas 21 Izin Usaha Pertambangan (IUP), Jaminan Reklamasi (Jambrek), hingga CSR dan PPM.

“Pansus ini memang hanya fokus kepada tiga kasus yang telah di sampaikan pada saat rapat pekan lalu,” ungkap legislator kelahiran Kabupaten Berau ini

Akan tetapi hal itu tidak membuat Pansus DPRD Kaltim untuk menutup mata, menurutnya hal ini perlu di tindak tegas oleh pihak kepolisian di daerah tersebut.

“Jangan hanya menangkap operatornya, tetapi segera juga menindak pemilik tambang tersebut,” tegasnya

Melihat tambang ilegal semakin marak Udin sapaan akrabnya meminta kepada aparat dan kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) terkait untuk berperan aktif dalam mengusut tuntas pertambang secara ilegel di Kabupaten berau.

“Kita akan meminta kepada seluruh lapisan masyarakat serta pemerintah Kabupaten Berau dan pihak kepolisian untuk lebih peka terhadap kasus yang berbau tambang ilegal ini,” pintanya. (adv/riz/dprdkaltim

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular