31.3 C
Samarinda
Jumat, September 30, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Panselnas BKN Hadir di Bontang Persiapkan Langsung Penyelenggaraan SKB

BONTANG – Guna memastikan kesiapan Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang dalam menggelar Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bagi pelamar CPNS tahun 2021 dengan menggunakan metode  Computer Assisted Test (CAT), Tim Panselnas BKN melakukan pemeriksaan langsung seluruh perangkat dan fasilitas yang akan digunakan dalam Seleksi tersebut pada H-1 pelaksanaan SKB.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bontang Drs. Sudi Priyanto, M.Si menyampaikan bahwa kehadiran Panselnas BKN ke Kota Bontang atas penugasan dari Kepala Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin, sebagai pelaksanaan dari amanat Peraturan Badan Kepegawaian Negara RI Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi Dengan Metode Computer Assisted Test Badan Kepegawaian Negara. Secara keseluruhan Tim yang hadir berjumlah 7 orang terdiri dari 1 orang koordinator, 2 orang petugas IT dan 4 orang pengawas.

Tim dari BKN tersebut melakukan checklist secara detail terkait kesiapan kelengkapan dan fungsi dari infrastruktur seleksi, yang meliputi perlengkapan utama dan perlengkapan pendukung lainnya secara keseluruhan. Mulai dari kesiapan ruangan, meja dan kursi, perangkat PC/Komputer, uji coba jaringan dan memastikan sudah terkoneksi dengan server induk BKN, keamanan dan kecukupan daya listrik, alat pendeteksi wajah dan lain-lain.

Rusmaida Situmorang, S.Sos., M.A selaku koordinator menyampaikan bahwa tim BKN akan bekerja secara totalitas disamping memeriksa kesiapan seluruh perangkat, juga memastikan bahwa proses SKB mulai dari persiapan sampai dengan pelaksanaanya harus dapat berjalan secara baik, benar dan sesuai dengan sistem merit sebagai dasar pelaksanaan seleksi yang cepat, akurat, jujur, adil dan transparan.

Sudi menambahkan bahwa hal ini penting dilakukan sehingga harapannya, pelaksanaan seleksi nantinya bisa berjalan dengan lancar, aman dan tertib dapat benar-benar terwujud. “Alhamdulilah Kelengkapan penyelenggaraan CAT di Kota Bontang secara umum sudah dinyatakan siap. Perlengkapan yang kami gunakan untuk penyelenggaraan SKB ini sudah teruji sebelumnya karena telah digunakan saat SKD CPNS yang lalu dan tidak menemui kendala. Baik secara kuantitas maupun kualitas spek yang dibutuhkan semua telah sesuai,” bebernya.

Menurutnya, progres kesiapan yang telah dicapai ini juga tidak terlepas dari dukungan Dinas Kominfo dan Dinas Pendidikan Kota Bontang dalam membantu terpenuhinya fasilitas dan utilitas penyelenggaraan CAT untuk SKB pada seleksi CASN di Kota Bontang tahun 2021 ini.

Pelaksanaan SKB di Kota Bontang rencananya dilaksanakan pada satu titik lokasi yang bertempat di Auditorium Gedung Graha Taman Praja Lantai 3 Jalan Moh Roem Kelurahan Bontang Lestari pada hari Kamis tanggal 02 Desember 2021.

Hal penting lainnya yang juga ditinjau oleh Tim BKN adalah rencana  penerapan prosedur penyelenggaraan CAT yang disesuaikan dengan protokol pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Dalam hal ini harus diatur  alur kedatangan dan kepulangan peserta seleksi, prosedur pemeriksaan peserta, penyediaan ruang khusus bagi peserta disabilitas dan peserta yang memilki suhu tubuh di atas 37,3 °C, prosedur peserta yang terpapar covid19, jarak minimal antar peserta, sterilisasi fasilitas dan ruangan dan lain-lain, dengan berpedoman pada Surat Edaran Kepala Badan Kepegawaian Negara  Nomor: 7 Tahun 2021 Tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi Dengan Metode Computer Assisted Test Badan Kepegawaian Negara Dengan Protokol Kesehatan Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Dalam hal ini kami juga berkoordinasi dengan Dinas kesehatan Kota Bontang dan melaporkan kesiapannya kepada Satgas pencegahan dan penanggulangan Covid19 Kota Bontang,” sebutnya. “Untuk mendukung keamanan dan ketertiban SKB, InsyaAllah turut berkolaborasi tim dari Polres Bontang, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kota Bontang. Semoga pada pelaksanaannya semua dapat berjalan dengan lancar, tertib dan sesuai dengan ketentuan BKN,” tutupnya. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular