31.3 C
Samarinda
Jumat, September 30, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Masuk Agenda Haornas, Festival Sandeq 2022 Finish di Balikpapan 

BALIKPAPAN – Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) kembali menggelar Festival perahu layar bertajuk Festival Sandeq 2022. Kali ini mengangkat tema “Indonesia Mendukung IKN.”

Rutenya, para peserta akan berlayar dari Tanjung Silopo, Sulbar menuju Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Mulai 31 Agustus hingga 9 September 2022. Festival Sandeq ini juga menjadi dukungan simbolis dari Provinsi Sulbar dan seluruh provinsi di Indonesia dalam mendukung pembangunan IKN di Kaltim.

Diketahui, Sandeq adalah perahu bercadik warisan astronesia yang sampai kini banyak digunakan oleh masyarakat Mandar, Sulbar. Warga setempat menyebutnya Sande yang berarti tajam atau runcing. Sandeq merupakan salah satu perahu layar tercepat di dunia. Mampu melaju dengan kecepatan 20-30 knot atau setara dengan 50 kilometer (km) per jam.

Pada masa lampau, perahu Sandeq digunakan untuk berdagang sampai ke Selat Malaka, Laut Sukuh, Papua, Jawa, serta menangkap ikan di laut lepas.

Sebanyak 35 perahu Sandeq dari seluruh negeri dipastikan ambil bagian. 28 perahu Sandeq jenis lomba dan 7 jenis sandeq klasik (dioloq). Setiap Sandeq terdiri atas 8 awak (sawi). Total sawi atau awak Sandeq sebanyak 252 orang.

Pelayaran akan dimulai pada 31 Agustus dari Tanjung Silopo, Sulbar. Dan berakhir di Balikpapan, Kalimantan Timur. Dengan estimasi waktu 9 hari perjalanan. Rute pelayaran dimulai dari Tanjung Silopo – Majene – Palipi – Deking – Mamuju – Pulau Ambo – Pulau Salissingan – Pantai Manggar dan finish di Balikpapan Super Block (BSB). Dengan jarak tempuh sepanjang 552 km atau 321 mil.

“Pemprov Kaltim siap mendukung dan menyukseskan agenda akbar yang melibatkan dua provinsi yang secara geografis saling berdekatan, Kaltim dan Sulbar,” ucap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim, Muhammad Faisal.

Menurutnya, kaltim tsiap support kegiatan dalam rangka mengenalkan Kaltim lebih luas termasuk IKN, serta yang paling penting, mengenalkan potensi daerah dan potensi investasinya.

Faisal mengimbau kepada seluruh masyarakat Kaltim, untuk turut berpartisipasi menyemarakkan festival bahari yang akan digelar di Kota Minyak, Balikpapan.

“Jadi mari sama-sama seluruh masyarakat Kaltim mempersiapkan diri, kita manfaatkan event ini untuk ajang promosi dan marketing produk kita. Ayo dari sekarang, kita jaga kebersihan dan situasi kondusif kota,” tambahnya.

Festival Sandeq akan menjadi rangkaian puncak acara Hari Olahraga Nasional (Haornas). Rencananya, agenda akbar ini akan dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) serta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Para gubernur seluruh Indonesia. (kmf/adv/diskominfokaltim)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular