31.3 C
Samarinda
Jumat, September 30, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Masjaya: SDM adalah Kunci

NAMA Rektor Unmul Masjaya secara mengejutkan masuk ke dalam struktur tim transisi IKN, bersama Gubernur Kaltim Isran Noor. Ia mengalahkan semua kandidat yang semula banyak dirumorkan bakal bergabung. Berikut petikan wawancara langsung dengan sang rektor.

Nama bapak masuk dalam tim transisi IKN, sudah tahu?
Iya, saya sudah dapat SK nya.

Bagaimana perasannya?
Cukup bangga mewakili Kaltim bersama Pak Gubernur, tapi nilai utamanya bukan di situ.

Makna tim transisi secara pribadi sendiri seperti apa?
Tim ini adalah bagian dari percepatan akitifitas pembangunan dan pemindahan IKN karena waktu terus berjalan. Kita di deadline 2 Agustus 2024 sudah harus segera pindah, maka dari itu semua hal mulai pekerjaan fisik dan lainnya sudah harus berjalan tahun ini.

Apa saja tugas-tugas dari tim transisi, khususnya di tim ahli?
Saya belum tahu penjabarannya seperti apa nanti, masih tunggu arahan ketua badan otorita. Yang jelas tugas kami adalah memberikan masukan-masukan yang dirasa perlu untuk pembangunan IKN ini. yang penting begini, semua harus bisa selaras dengan percepatan aktifitas dan pembangunan IKN itu.

Bisa dicontohkan masukan seperti apa yang dimaksud?
Misalnya kesiapan SDM. Sebelum masuk dalam tim, saya sudah sering utarakan bahwa SDM kita harus dipersiapkan secara matang agar bisa berkolaborasi dalam pembangunan. Pembangunan itu kan harus memberdayakan masyarakat terutama warga lokal. Masyarakat lokal harus terlibat.

Siapa saja warga lokal itu?
Warga lokal khususnya masyarakat PPU dan di ring 1,2 dan 3 sekitar IKN.

Ada beberapa kalangan yang menolak keberadaan IKN karena beragam alasan, tanggapannya?
Saya rasa tidak ada yang bisa menolak IKN itu apalagi warga lokal. Karena IKN ini adalah bagian dari pemerataan pembangunan. Kalau kata Pak Jokowi supaya tidak ada Jawa sentris. Karena IKN ini di Kalimantan Timur, jadi sloganya ganti, Indonesia Timur sentris. Sehingga kalau itu tujuannya untuk kemajuan, saya kira tidak ada yang menolak. Pemerataan pembangunan sendiri masuk dalam pilar menuju Indonesia Emas 2045. Pilarnya itu banyak.

Apa saja?
Pilar Indonesia Emas 2045 itu di antaranya pemerataan pembangunan, penguatan ekonomi, pengembangan SDM, pengembangan ilmu pengetahuan, kehidupan bergama dan pertahanan keamanan. IKN ini sekali lagi adalah bagian dari pemerataan pembangunan.

Kembali ke sumber daya, langkah-langkah apa yang nanti akan dilakukan untuk menaikan kualitas SDM kita?
Banyak hal. Untuk dunia kampus atau akademisi, bisa turun ke lapangan lakukan pembinaan, sosialisasi, pendampingan dan sebagainya. Mereka yang mengerti tentang ilmu kelistrikan bisa berbagi informasi tentang listrik, yang mengerti tentang IT bisa ikut mengajarkan, termasuk bidang-bidang lainnya. Semua itu akan kita persiapkan nantinya sehingga transfer ilmunya berjalan.

Apakah kampus-kampus di Kaltim siap?
Akan kami coba. Kalau di Unmul, Insyaallah kami siap turunkan ke lapangan. Kita ini jangan hanya berteriak-teriak percepat IKN, tapi malah tidak memersiapkan diri. Kita harus tangguh dalam bidang ekonomi, pendidikan bahkan pangan. Supaya SDM kita bisa bermitra dengan siapa pun dan tidak tertinggal dengan pekerja dari luar.

Sudah lakukan komunikasi dengan ketua badan otorita?
Belum, belum ada rapat-rapat. Namanya kami ini anak buah ya ngikut saja arahan dari atasan. Kalau mau rapat, sekarang kan sudah era digital, mungkin nanti bisa via zoom. Tapi kalau diharuskan rapat tatap muka di Jakarta, ya kami siap saja berangkat.

Kapan terakhir kali berkomunikasi dengan ketua badan otorita?
Waktu ketua badan pernah berkunjung ke kampus, waktunya saya lupa. Hasilnya Unmul siap dampingi masyarakat agar semuanya bisa terlibat. Seperti yang saya katakan tadi, kita harus siap bersaing.

Ada kata-kata penutup terkait IKN?
IKN ini tetap harus memerhatikan semua aspek, karena yang dipindah bukan hanya bangunan tapi juga kehidupan manusia. Semua aspek baik itu sosial, budaya, agama dan lainnya tetap harus diperhatikan. (boy)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular