28.3 C
Samarinda
Senin, November 28, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Maraknya Kasus Ilegal Mining Di Kaltim, Najidah Bentuk Koalisi Masyarakat Sipil (KMS)

UPDATEKALTIM.COM, SAMARINDA- Kasus tambang ilegal yang marak terjadi saat ini yang menjadi permasalahan masyarakat Kaltim membuat Dosen Fakultas Hukum Universitas Mulawarman untuk membuka forum konsolidasi intelektual ilegal mining yang terlaksana di Fakultas Hukum Unmul, Universitas Mulawarman Ruang kelas B 204 pada Jum’at (11/11/2022).

Dalam konsolidasi tersebut membahas terkait pelaku tambang ilegal hingga lokasi pengoperasiannya terkhusus di Kaltim.

Warkhatun Najidah selaku perwakilan dosen fakultas Hukum Unmul, menjelaskan bahwa Fakultas Hukum mempunyai tugas mengabdikan diri kepada masyarakat yang mengalami kesulitan.

“Fakultas Hukum itu tidak hanya melakukan penelitian akan tetapi juga melalukan pengabdian masyarakat Di antara menyelesaikan kasus tambang ilegal ini,” jelas Najidah saat di temui

Dengan penjelasan tersebut, Najidah sapaan akrabnya membentuk Koalisi Masyarakat Sipil (KMS) guna membantu menuntaskan kasus tambang ilegal yang terjadi di Kaltim.

Adapun Hasil dari dari konsolidasi tersebut di antaranya melaksanakan kampanye melalui media sosial, pernyataan usut tuntas ilegal mining, pelaporan, jejaring media support dan aliansi komsorsium pelapor tambang ilegal.

Najidah, mengatakan lima point tersebut adalah bahan untuk menyelesaikan dalam pelaksanaan mengusut tuntas pelaku tambang ilegal dan akan menindak aparat yang terlibat didalamnya.

“ KMS tadi telah menyepakati lima point sebagai acuan dalam menuntaskan kasus ilegal mining di kaltim dan menindak aparat hukum yang bermain di dalamnya,” katanya

KMS juga akan menuntut dengan adanya reformasi di tubuh Polri hal ini di buktikan dengan adanya video yang di lakukan oleh oknum kepolisian sehingga mengakibatkan kurangnya kepercayaan masyarakat kepada penegak hukum.

Melihat hal itu, Dosen Fakultas Hukum Unmul itu, Najidah menghimbau kepada masyarakat Kaltim untuk segera lakukan mosi tidak percaya.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kaltim yang terkena dampak dari aktifitas ilegal mining ini untuk bersama-sama mengkritisi dalam hal penegakkan hukum,” tutupnya. (riz/uk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular