24.4 C
Samarinda
Senin, November 28, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kenalkan, Bambang Susantono Kepala Otorita IKN Pilihan Jokowi yang Dilantik Hari Ini

JAKARTA – Mantan Wakil Menteri Perhubungan di era Presiden SBY, Bambang Susantono dikabarkan dipilih Presiden Jokowi untuk menjabat sebagai kepala otorita Ibu Kota Negara (IKN). Informasi yang berkembang, pelantikan pria kelahiran Yogyakarta pada 4 November 1963 itu, berlangsung, Kamis (10/3/2022) hari ini.

Jika benar, maka Bambang berhasil menyisihkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan mantan Menteri Keuangan dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, yang selama ini digadang cocok menjadi pelaksana pembangunan ibu kota baru di kawasan Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara itu.

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/3/2022), Bambang Susantono tercatat merupakan sarjana lulusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1987. Selepas itu, jenjang pendidikan magister dan doktoral Bambang seluruhnya ditempuh di Amerika Serikat, tepatnya University of California.

Diketahui, riwayat karier Bambang diawali di Departemen Pekerjaan Umum. Di kementerian yang membidangi pembangunan fisik tersebut, kariernya makin meningkat. Hingga akhirnya ditunjuk sebagai Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Karier tertinggi Bambang Susantono tak lain dari Wakil Menhub periode 2010-2014. Selepas jadi Wamenhub, pria ramah ini ditunjuk sebagai Wakil Presiden Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank (ADB) sejak 2015. Bambang menjalani tugasnya dalam urusan pengelolaan pengetahuan dan pembangunan yang berkelanjutan. (red)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular