24.4 C
Samarinda
Senin, November 28, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jelang Pemilu 2024, KPU Kaltim Terapkan Sistem Digitalisasi 

UPDATEKALTIM.COM, SAMARINDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim mensosialisasikan rencana kegiatan pembentukan badan ad Hoc pada pemilu 2024 mendatang. Kegiatan tersebut terlaksana di Hotel Bumi Senyiur Jl. P. Diponegoro, Samarinda, Jum’at (11/11/2022).

Di sampaikan oleh Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kaltim, Mukhasan Ajib menilai bahwa pemilu memiliki tahapan dalam penyusunan data.

Ia mengatakan syarat untuk memilih dan suaranya dapat di katakan sah yakni berusia 17 tahun keatas serta telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Dalam tahapan pemilu ini kan ada tahapan penyusunan data pemilih yakni untuk calon pemilih rakyat indonesia yang telah di atur dalam UUD pemilu,”

Untuk memaksimalkan Pemilu yang akan datang KPU Kaltim menerapakan sistem digitalisasi yaitu menggunakan aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih).

Mukhasan, menerangkan penggunaan aplikasi Sidalih untuk dapat mengetahui data-data diri pemilih, hal ini bertujuan untuk menghindari kecurangan dalam melakukan pemilihan.

“Aplikasi Sidalih akan menjadi aplikasi yang mempermudah KPU dalam melaksanakan tugasnya,” terangnya saat di temui

Dengan hadirnya aplikasi tersebut, KPU Kaltim akan berupaya membuat masyarakat agar tetap merasa nyaman tanpa ada rasa ketakukan penyalahgunaan data-data pribadi.

“Kami akan terus menjaga data pribadi masyarakat Kaltim melalui aplikasi tersebut,” ujarnya Ajib sapaan akrabnya. (riz/UK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular