31.3 C
Samarinda
Jumat, September 30, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Isran : Promo Tepat, Pariwisata Kaltim Lebih Hebat dari Bali

SAMARINDA – Kekayaan alam dengan obyek wisata yang sangat mempesona mulai dari Sabang hingga Merauke, menjadi keuntungan dan modal penting negeri ini untuk memaksimalkan PAD dari sektor pariwisata.

Kaltim menjadi salah satunya. Kaya akan sumber minerba, kaltim juga memiliki banyak lokasi obyek wisata kelas dunia. Sayangnya, potensi itu belum terkelola dengan baik dan belum disertai promo yang gencar seperti halnya daerah lain ditanah air.

Saat menghadiri Regional Investment Forum beberapa waktu lalu, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengungkapkan bahwa surga dunia itu terletak di Indonesia.

“Salah satu prospek pembangunan Indonesia adalah wisata domestik dan internasional. Diseluruh Indonesia banyak objek wisata yang bisa dikembangkan. Surga dunia itu letaknya di Indonesia,” ungkapnya.

Saat ini Dunia leboh mengenal Bali sebagai salah satu destinasi wisata unggulan dunia. Padahal, pariwisata di Kaltim keindahannya tak kalah hebat dengan Bali.

Terkini sebut Isran, Kaltim, memiliki destinasi wisata Pulau Derawan, Maratua, Kakaban Sangalaki dan Kaniungan. Semua potensi wisata pantai dan wisata bawah laut (diving) di Kabupaten Berau itu bahkan menurut Gubernur jauh lebih menarik dari Bali.

Hanya saja, diakui Isran Kaltim masih belum optimal dalam mempromosikan obyek wisata unggulan itu.

“Ada daerah baru namanya Pulau Kaniungan, di Derawan bagian selatan Kabupaten Berau. Ada juga Labuan Cermin di Kabupaten Berau), very beautiful. Di atasnya air tawar, di bawahnya air asin, dan daerah Teluk, hebat kan? Di Bali gak ada. Kurang publikasi kita ini, Bali hebat promosinya,” seru Gubernur.

Gubernur juga menjelaskan, kawasan Derawan dan Maratua, menurutnya lebih bagus dari Bali. Disana ada kelebihan satu-satunya di dunia, yakni Ikan Barakuda yang bisa membentuk konfigurasi saat orang menyelam.

“Ikan-ikan barakuda itu seperti ingin show of force begitu. Ini lebih bagus dari Bali. Potensi seperti ini masih jarang orang tahu. Inilah yang harus di promosikan secara luas kalau mau Kaltim bisa bersaing di sektor pariwisata. Promo yang tepat akan membuat kaltim lebih dikenal bahkan melebihi Bali,” urainya. (kmf/adv/diskominfokaltim)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular