22.8 C
Samarinda
Rabu, Juni 29, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Event Organizer Harus Kreatif Tangkap Peluang demi Cuan

SAMARINDA – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian menjelaskan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Kaltim sangat besar, apalagi dengan adanya pemindahan Ibu Kota Negara (IKN).

Sayangnya potensi itu belum tergarap maksimal. Padahal pasar untuk mengadakan event dinilai masih terbuka lebar. Mulai dari kuliner, fashion, rapat kantor, bahkan kegiatan olahraga.
Para penyelenggara event seperti pengusaha MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) hingga EO Kaltim harus dapat menangkap peluang ini. Keduanya harus bisa berkolaborasi bersama Parekraf, agar bisa berjalan beriringan. Misalnya para EO mempromosikan kegiatan parekraf. Timbal baliknya parekraf dapat menjadi ladang event bagi EO.
“EO itu bukan hanya pelaksana tapi harus jadi kreator,” katanya.

Para EO juga harus mampu menciptakan event yang dapat menarik perhatian orang. Dan tentunya memberi nilai tambah secara ekonomi. Contohnya acara Etam Festival 2021 yang digelar beberapa bulan lalu dimana transaksi yang yang beredar mencapai Rp 5 miliar, dengan rata-rata kunjungan 3-5 ribu. Saat weekend mencapai 8-10 ribu pengunjung.

“Banyak yang orisinil di Kaltim, bukan cuma alam, budaya. Kita harus menciptakan sesuatu yang harus ada kekuatan daerahnya. Bisa aja ada fashion show di hutan. Termasuk mengeksplor sport tourism,” ulas Politisi Golkar ini.

Dwie Arum Meynina perwakilan HAK Organizer dari Kutai Kartanegara, mengaku gelaran tersebut membuka mata pegiat ekraf khususnya Event Organizer. EO harus mampu membuat kegiatan yang tidak biasa.

“Sebagai pelaku ekraf utama bukan hanya menjadi penonton. Selanjutnya ditunggu workshop lanjutan untuk menunjang kualifikasi SDM di Kaltim,” tutupnya.

Acara workshop ini diselenggarakan oleh Hetifah bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatifz di Swissbel Hotel, Selasa (17/5/2022). Sebanyak 55 EO turut hadir. (boy)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular