28.3 C
Samarinda
Senin, November 28, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Duwis Baru Samarinda Siap Promosikan Susur Mahakam

TUNTAS sudah pemilihan Duta Wisata dan Pariwisata (Duwis) Samarinda 2021 berlangsung meriah di Grand Ballroom Hotel Aston Samarinda, Sabtu (9/10). Sebanyak 30 peserta bersaing di ajang final memperebutkan gelar Duta Wisata dan Putri Pariwisata Kota Samarinda yang dibuka Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso.

Pemilihan ini menjadi deretan acara akbar hajatan pemkot Samarinda yang digelar terbuka setelah kasus COVID-19 melandai. Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda I Gusti Ayu Sulistiani, M Fauzan Noor selaku Dosen Parawisata dari Politeknik Negeri Samarinda, Rionaldo Putra sebagai Pengajar dan Manager Akademis Kursus Bahasa Inggris Samarinda dan Puteri Pariwisata Indonesia Kalimantan Timur 2020, Rinanda Maharani, didaulat menjadi juri.

Rusmadi mengungkapkan bahwa Pemkot menempatkan pemilihan Duta Wisata dan Putri Pariwisata di posisi starategis menyesuaikan dengan posisi Samarinda sebagai ibukota yang memiliki daya tarik dengan destinasi Sungai Mahakam dan anak sungainya serta potensi lainnya. “Wisata Samarinda perlu dipromosikan khususnya oleh duta yang terpilih sebagai garda terdepan,” ucapnya.

Dikatakan Rusmadi, Susur Sungai menjadi program unggulan untuk dipromosikan selain wisata alam dan budaya. “Susur Sungai menawarkan kenyamanan untuk para pengunjung, dengan cara merevitalisasi struktur dan infrasruktur obyek wisata, sehingga nantinya roda perekonomian dan pariwisata bergerak maju,” tandasnya.

Acara yang dipandu Memandu acara, ada Hidayat Syawal dan Hamsiany Nur Isliani sebagai Master Of Ceremony/MC ini, terpilih Abirackshaan Wirajaya dan Elga Oktaviola Situmorang sebagai Duta Wisata Putra dan Putri Kota Samarinda. Sedangkan Duta Pariwisata Kota Samarinda terpilih Adinda Yuriza Permata Sari dengan nomor kontestan 01.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda I Gusti Ayu Sulistiani mengatakan dalam penjuriannya, finalis dinilai dari intelegensi, pola pikir dan banyak hal lainnya. Menurutnya, para generasi muda memiliki ide dan kreatifitas yang bisa diimplementasikan untuk menunjang objek wisata Samarinda ke depan.

“Harapannya tentu para Duta Wisata dan Putri Pariwisata Samarinda sama-sama berperan aktif dalam memajukan wisata kota kita,” ujarnya. “Para duta terpilih ini juga harus menjadi inisiator dan revolusioner payung kemajuan Wisata Samarinda,” tambahnya.

Duwis terpilih, Abirackshaan Wirajaya bersyukur bisa lolos dan tidak menyangka dapat menang mengingat persaingan yang ketat. “Saya kaget ketika saya terpilih jadi Duta Wisata dan senang juga, karena selama saya berproses sampai titik ini saya tidak pernah sendiri dan saya justru mendapatkan keluarga baru,” tuturnya.

Sedangkan, Elga sebagai Duwis Putri berharap ke depannya tugas yang akan diembannya mampu diselesaikan dengan baik. “Puji Tuhan, saya bersyukur dan bangga. Ke depannya saya berharap tugas yang akan saya emban mampu untuk saya implementasikan dan saya lakukan,” tuturnya.

Sementara Duta Putri Pariwisata, Adinda yang berhasil menduduki posisi pertama mengaku bangga dan perjuangan yang dilakukan itu serba sulit tetapi dengan usaha semuanya pasti bisa. “Semuanya sulit dari awal tapi saya berusaha dan bangga bisa dapatkan kesempatan ini sekarang. Ke depannya saya akan membantu tugas pemerintah dan mempromosikan segala destinasi Samarinda sembari menata program lainnya,” tuturnya.

Pemilihan Duta Wisata dan Putri Pariwisata ini dibuka sejak awal September secara online dan verifikasi berkas sehingga total peserta yang lolos final sebanyak 30 orang.
Meraih 5 besar Finalis Duta Putera Samarinda yaitu Caggandhika Waltherindonex Wijaya, Abirackshaan Wirajaya, Ocktavianus Tanjung Pura, Andre Putra Sanjaya, dan Muhammad Arief Vebrian.

Untuk 5 besar Finalis Duta Wisata Puteri Berhasil di duduki oleh Elga Oktaviola Situmorang, Umu Jamilah, Yuliany Fahra Putri, Sherin Hurrinain, dan Briza Meidina Syakirah.
Sedangkan 5 besar Finalis Puteri Pariwisata adalah Wukir Kusumaning Rahayu, Aura Karenina Lasmana, Intan Aprilia, Nur Zaera Zein Syechnas dan Adinda Yuriza Permata Sari.
Selanjutnya dikerucutkan kembali dengan 3 besar terpilih Duta Wisata Kota Samarinda Abi dan Elga serta Adinda, sebagai Putri Pariwisata Kota Samarinda 2021. (fri)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular