31.3 C
Samarinda
Jumat, September 30, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Balikpapan Bersiap Sambut Peserta Sandeq dari Sulbar

BALIKPAPAN – Festival Sandeq dari Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) yang bakala menjadi salah satu agenda nasional yang mendukung IKN, bersiap diterima oleh Balikpapan sebagai tujuan akhir lomba. Kota Minyak ini, memang menjadi lokasi sandaran terakhir parade perahu layar (Sandeq) tradisional. tepatnya dipusatkan di Pantai Manggar dan Balikpapan Super Block (BSB).

Festival Perahu Sandeq telah memulai pelayaran menyusuri Selat Makassar sejak Rabu, 31 Agustus 2022 dari Tanjung Silopo, Sulbar. Saat ini, rombongan parade telah memasuki Etape IV dan memulai pelayaran dari Pulau Ambo (Mamuju) menuju Pantai Manggar (Balikpapan).

Bila sesuai jadwal, parade perahu Sandeq akan sampai di Pantai Manggar pada Rabu, 7 September 2022 mendatang. Lalu dilanjutkan berlayar menyusuri Pantai Balikpapan menuju BSB sekaligus menjadi rangkaian puncak acara Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada Jumat 9 September 2022.

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) beserta Pejabat Kementerian hingga Gubernur seluruh Indonesia, juga dijadwalkan hadir menyemarakkan agenda nasional ini.

Staf Ahli Bidang Perekonomian Wali Kota Balikpapan, Doortje Marpaung selaku koordinator untuk panitia Balikpapan pada Festival Sandeq mengatakan, Balikpapan yang dipilih sebagai tempat sandar sandeq ini, tak lepas dari bentuk dukungan terhadap Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Balikpapan adalah salah satu kota penyangga IKN jadi wajar jika dijadikan tujuan akhir festival. Terlebih, hubungan Pj Gubernur Sulbar dengan Wali Kota Balikpapan cukup bagus. Tentu saja Balikpapan siap mendukung,” tutur Doortje Marpaung usai melaksanakan Rapat Festival Sandeq dan persiapan Haornas Kota Balikpapan, beberapa waktu lalu. Dikutip dari laman resmi Balikpapan, web.balikpapan.go.id.

Ia juga menjelaskan, Festival Sandeq ini menggunakan pola sharing atau kolaborasi dalam pelaksanaannya. Bukan menggunakan anggaran APBD, namun dibantu mitra Gubernur Sulbar. (kmf/adv/diskominfokaltim)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular