28.3 C
Samarinda
Senin, November 28, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Anggota DPRD Kaltim Sorotin Sekolah Di Kabupaten Kutai Timur, Agil : Transparansi Terkait CSR Harus di Lakukan

UPDATEKALTIM.COM, SAMARINDA – Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Agil Suwarno kunjungi salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kaliorang, Kutai Timur pada Jum’at (18/11/2022) tepatnya di SMKN 1 Kaliorang.

Dalam kunjungannya, Agil melihat beberapa kondisi bangunan pada sekolah tersebut tidak layak untuk di gunakan, di ketahui bahwa daerah tersebut berada di tengah-tengah area pertambangan.

“Saya miris melihat kondisi bangunan di SMK Negeri 1 Kaliorang yang sarana prasarananya sangat jauh dari kata layak. Padahal saya melihat di sana ada perusahaan pertambangan batu bara yang beroperasi,” ungkap Agil sapaan akrabnya

Ia meminta kepada pihak perusahaan pertambangan batu bara untuk menyampaikan secara transparansi terkait Coorporate Social Responsibility (CSR).

“Mengenai CSR, perusahaan pertambangan di daerah tersebut harusnya melakukan transparansi agar hal tersebut dapat di ketahui oleh masyarakat setempat dan semestinya harus sebanding dengan hasil yang mereka lakukan,” kata Agil saat di wawancarai.

Anggota Panitia Khusus (Pansus) Investigasi Pertambangan itu menekankan kepada pihak perusahaan pada daerah tersebut untuk menyalurkan dana CSR kepada pembangungan sekolah, perawatan rumah ibadah serta kesejahteraan masyarakat.

Agil juga menjelaskan bahwa program CSR sangat penting untuk membantu permasalahan masyarakat setempat, melihat juga APBD yang terbatas.

“Saya menginginkan perusahaan pertambangan juga harus menyerap tenaga kerja lokal. Artinya para lulusan SMA dari wilayah sekitar dilatih keterampilannya dan diserap untuk dipekerjakan di perusahaan tersebut. selain itu pemberdayaan masyarakat lokal juga mesti dimaksimalkan,” ungkap Anggota fraksi PDIP itu

(adv/riz/dprdkaltim)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular