24.6 C
Samarinda
Selasa, Mei 17, 2022

Alhamdulillah, Kaltim Dapat Kuota 1.174 Calon Jemaah Haji

SAMARINDA – 2022 ini Indonesia mendapat kuota sebesar 100.051 orang calon jemaah haji.

Setelah penetapan kuota nasional, kuota Haji Tahun 2022 untuk calon jemaah haji Provinsi Kalimantan Timur telah ditetapkan. Kaltim mendapat kuota jemaah sebesar 1.174 orang.

“Jumlah kuota haji sebesar 1.174 itu tersebar di Kabupaten dan Kota di Kaltim,” ungkap Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Kaltim H Ahmad Ridani pada Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji 2022, Kamis (12/5).

Meski jumlahnya tidak sampai 50 persen dari perkiraan awal, tetap harus disyukuri. Mengingat, sudah dua tahun Kaltim absen memberangkatkan calon jamaah haji.

Menindaklanjuti, 9-20 Mei nanti, pelaksanaan konfirmasi pelunasan dalam rangka persiapan untuk memberangkatkan jemaah ke tanah suci, dilakukan.

“List daftar nama sudah disampaikan ke Kabupaten dan Kota dan saat ini sudah melaksanakan konfirmasi pelunasan ke Bank-Bank dimana jamaah daftar sebelumnya,” tuturnya.

Saat ini Kanwil Kemenag sedang melaksanakan scanning paspor visa haji jamaah ketanah suci dan mempersiapkan asrama haji bagi jamaah.

Pelayanana Haji saat ini sudah ditingkatkan dengan menggunakan sistem, jadi pendaftaran Haji tidak mesti tatap muka, tapi menggunkan sistem aplikasi untuk pendaftaran Haji.

“Jadi cukup dengan di Hp saja sudah bisa daftar Haji tidak perlu datang ke kantor,” ucapnya. (hms/adv/diskominfo kaltim)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular